Immunotherapy,Medical Check UP,MCU,Rumah Sakit,Slamet Riyadi,Surakarta,Solo,Tentara,TMI, AD
Medical Army Hospital
(0271) 714656

WHISTLEBLOWING SYSTEM (WBK)

Selamat Datang

A.    LATAR BELAKANG
Dalam rangka pembangunan Zona lntegritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih Melayani maka Rumah Sakit Wijayakusuma senantiasa berusaha menciptakan lingkungan yang bersih dari praktek korupsi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam pembangunan  Zona  lntegritas yaitu Whistle Blowing System.
Whistle Blowing System di lingkungan Rumah Sakit Slamet Riyadi dilaksanakan berdasarkan SK Nomor Skep/08/V/2023 tentang  Unit  Pengelola  Whistle Blowing System (WBS). Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh  Tim Whistle Blowing System (WBS) yaitu dengan menerima  laporan  atau  aduan yang masuk melalui nomor aduan 081392488435 atau disampaikan melalui aplikasi Whistle Blowing System Rumah Sakit Slamet Riyadi dengan alamat : https://rsslametriyadi.co.id .
Sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan Whistle Blowing System di Lingkungan Rumah Sakit Tk.Ill 04.06.04 Slamet Riyadi.

 

B.    DASAR HUKUM

Surat Ketetapan Kepala Rumah Sakit Tk. Ill 04.06.04 Slamet Riyadi Nomor Skep/08/V/2023 tentang Kebijakan Pembentukan Unit Pengelola Whistle Blowing System Rumah Sakit Tk. Ill 04.06.04 Slamet Riyadi.

 

KRITERIA PELAPORAN DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI
1.    Ada penyimpangan terkait korupsi
2.    Ada penjelasan dimana, kapan kejadian tersebut dilaporkan
3.    Ada nama pejabat pegawai RST RST Slamet Riyadi yang melakukan atau terlibat
4.    Kronologis atau cara kejadian tersebut dilakukan
5.    Dilengkapi dengan bukti (dokumen, gambar atau rekaman) yang mendukung kejadian tersebut

1. Apa yang disebut dengan Whistleblo'Ning?
Jawab
Seseorang yang melaporkan perbuatan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi didalam organisasi tempatnya bekerja, atau pihak yang memiliki akses informasi yang memadai.
2. Apa yang disebut dengan Whistleblowing Systems (WBS)
Jawab
WBS merupakan bagian dari sistem penanganan pengaduan masyarakal terpadu yang memfokuskan pada penanganan dugaan tindak pidana korupsi
3. Apa saja yang disebut dengan perbuatan dugaan tindak pidana korupsi?
Jawab:
Tindakan yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara Menyalahgunakan jabatan untuk mencari keuntungan dan merugikan negara. Penjeasan dari jenis korupsi ini hampir sama dengan penjelasan jenis korupsi pada nomor satu di atas, bedanya hanya terletak pada unsur penyalahgunaan wewenang, kesempatan, atau
sarana yang dimiliki karena jabatan atau kedudukan.
5. Apa yang dimaksud dengan suap menyuap ?
Jawab
Suap menyuap yaitu tindakan pemberian uang atau menerima uang atau hadiah yang diakukan oleh pejabat pemerintah untuk melakuan sesuatu yang bertentangan dengan
Kewajibannya. Contoh menyuap PNS karena jabatannya bisa menguntungkan orang yang memberikan suap
6. Apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan/penggelapan dalam jabatan ?
Jawab
Penyalahgunaan penggelapan dalam jabatan adalah seorang pejabat pemerintah yang dengan kekuasaan yang dimilikinya melakukan penggelapan laporan keuangan, menghilangkan barang
bukti atau membiarkan orang lain menghancurkan barang bukti yang bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri dengan jalan rnerugikan negara.